parizz

parizz

Selasa, 19 Maret 2013

Paket Soal Tes Potensi Akademik SNMPTN Tahun 2011”

kosonk

TES POTENSI AKADEMIK (TPA)


www.nafismudrika.wordpress.com Halaman 1 dari 9


LATIHAN SOAL
TES POTENSI AKADEMIK (TPA)
KODE SOAL : 103
FREE DOWNLOAD
I.  Tes Kemampuan Verbal
Bagian 1 : Padanan Kata ( Sinonim)
Petunjuk : Carilah padanan kata (sinonim) yang
tepat dari kata berikut ini
1.  Virtual
A.  Maya
B.  Impian
C.  Nyata
D.  Virgin
E.  Hiponema

2.  Semiotika
A.  Ilmu tentang tanda
B.  Ilmu seni
C.  Ilmu bahasa
D.  Bahasa simbol
E.  Ungkapan kata

3.  Friksi
A.  Membelah
B.  Melepaskan
C.  Perpecahan
D.  Putus Asa
E.  Penggabungan

4.  Renovasi
A.  Pemagaran
B.  Pemugaran
C.  Pembongkaran
D.  Peningkatan
E.  Pemekaran

5.  Rancu
A.  Canggung
B.  Jorok
C.  Kacau
D.  Tidak wajar
E.  Semu

Bagian 2 : Lawan Kata (Antonim)
Petunjuk : Carilah kebalikan arti atau yang
memiliki arti yang berlawanan dari
kata-kata berikut:

6.  Absurd
A.  Omong kosong
B.  Istilah terkini
C.  Mustahil
D.  Tak terpakai
E.  Masuk akal

7.  Prominen
A.  Konsisten
B.  Biasa
C.  Tak setuju
D.  Konsekuen
E.  Perintis

8.  Apriori
A.  Unggulan
B.  Tidak Istimewa
C.  Proporsi
D.  Prioritas
E.  Aposteriori
9.  Utopis
A.  Komunis
B.  Realistis
C.  Agamis
D.  Sosialis
E.  Demokratis

10.  Paradoksal
A.  Berseberangan
B.  Sejalan
C.  Kesempatan
D.  Perumpamaan
E.  Hubungan

TRY OUT TPA 103
www.nafismudrika.wordpress.comHalaman 2 dari 9
Bagian 3 : Padanan atau Hubungan Kata
(Analogi)

11.  Hewan : Senapan : Berburu = ... : ... : ...
A.  Tanah : petani : sawah
B.  Nasi : sendok : makan
C.  Meja : kursi : duduk
D.  Halaman : ibu : masak
E.  Beras : nasi : jemur

12.  Hujan : Kekeringan = ... : ... : ...
A.  Api : kebakaran
B.  Penuh : sesak
C.  Panas : api
D.  Lampu : gelap
E.  Angin : dingin
13.  Rekan : Rival = … :...
A.  Pendukung : penghambat
B.  Dermawan : serakah
C.  Dokter : pasien
D.  Adat : istiadat
E.  Tradisonal : kontemporer

14.  Pakaian : Lemari = … : …
A.  Gelap : lampu
B.  Kepala : rambut
C.  Rumah : atap
D.  Air : ember
E.  Api : panas

15.  Air : Es = Uap : …
A.  Salju
B.  Es
C.  Air
D.  Hujan
E.  Embun

Bagian 3 : Pemahaman wacana
16.  Green House, sebuah tempat tinggal di
kawasan hijau Jakarta. Kawasan ini memiliki
daya tarik khusus bagi penggemar seni. Mereka
yang menyukai kehidupan alami dan seni, inilah
tempatnya. Banyak seniman yang tampak di
rumah mereka menggelar kemampuan seni
seperti melukis, latihan drama di kebun,
bahkan menari di panggung rumah. Justru
inilah daya tarik yang muncul. Setiap orang
ingin melihat keunikan ini.
Unsur intrinsik yang menonjol dalam penggalan
cerpen ini adalah....
A.  Penolakan
B.  Alur
C.  Tema
D.  Latar
E.  Uraian

17.  Dengan tambahan medali emas dari Taufik,
Indonesia untuk sementara mengoleksi dua
emas. Bahkan emas Taufik mungkin emas
terakhir kontingen RI di Asian Games kali ini.
Dari tahun ke tahun atau dari waktu ke waktu
prestasi olah raga di Indonesia di berbagai
kejuaraan seperti Asian Games tetap berada di
urutan kelas kambing. Tidak sebanding dengan
jumlah penduduk yang berjumlah lebih dari
200 juta jiwa.
Kalimat kritikan untuk ilustrasi di atas adalah ....
A.  Minimnya perolehan emas yang terjadi di
Asian Games karena atlet-atlet Indonesia
kurang disiplin dalam latihan
B.  Mungkin hubungan atara atlet, pelatih,
dan official kurang harmonis
C.  Setelah mereka pulang dari Qatar, panitia
harus menahan rasa malu.
D.  Alhamdulillah, taufik merupakan penghibur
masyarakat yang kecewa.
E.  Kontingen Indonesia berusaha untuk
melakukan yang terbaik lagi.

Bacalah paragraf di bawah untuk menjawab soal
no 18 dan 19!

Metode penelitian merupakan cara ilmiah yang
digunakan untuk mendapatkan data dengan tujuan
tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan itu dilandasi
oleh metode keilmuan. Menurut Jujun S Suria-sumantri, metode keilmuan ini merupakan
gabungan antara pendekatan rasional dan empiris.
Pendekatan rasional memberikan kerangka berpikir
yang koheren dan logis. Pendekatan empiris
memberikan kerangka pengujian dalam
memastikan suatu kebenaran.
Dengan cara yang ilmiah, diharapakan data yang
akan diperoleh data yang objektif, valid, dan
reliabel. Objektf berarti semua orang akan
memberikan penafsiran yang sama; valid berarti
adanya ketepatan antara data yang terkumpul oleh
peneliti dengan data yang trejadi pada objek yang
sesungguhnya; dan reliabel berarti adanya
ketepatan atau konsistensi data yang diambil dari
waktu ke waktu.

18.  Hal yang tidak sesuai dengan bacaan di atas
adalah ...
A.  Cara ilmiah untuk mendapatkan data
dengan tujuan tertentu disebut metode
penelitian
TRY OUT TPA 103
www.nafismudrika.wordpress.comHalaman 3 dari 9
B.  Kegiatan yang dilandasi metode keilmuan
disebut cara ilmiah
C.  Pendekatan rasional memberikan kerangka
pikir pengujian suatu kebenaran
D.  Valid berarti tepat, sesuai antara data yang
terkumpul dengan data yang ada
E.  Reliabel bermakna ketepatan data dari

waktu ke waktu
19.  Topik yang mendasari alinea pertama adalah ...
A.  Cara ilmiah dalam metode penelitian
B.  Landasan metode keilmuan
C.  Pendekatan dalam penelitian
D.  Metode keilmuan
E.  Gabungan pendekatan rasional dan

empiris
20.  Ketua Pusat Studi Lingkungan (PSL) Univer-sitas
Haheoleo, Kendari Ir. Abdul Manan, M. Sc.
mengatakan dalam setiap program pengelolaan
dan penyehatan lingkungan perlu ditanamkan
pendidikan lingkungan sejak dini. ”Baik
pendidikan formal maupun nonformal sangat
berpengaruh besar dalam pengelolaan lingku-ngan karena hanya dengan masyarakat ter-pelajar, masalah lingkungan dapat dipecahkan
dengan masyarakat terpelajar, masalah lingku-ngan dapat dipecahkan dengan bijaksana.”
katanya kepada Antara di Kendari.
Gagasan pokok paragraf di atas adalah ...
A.  Program pengelolaan lingkungan
B.  Perlunya pengelolaan dan penyehatan
lingkungan
C.  Pentingnya penanaman pendidikan
lingkungan
D.  Peran pendidikan dalam pengelolaan
lingkungan
E.  Pemecahan persoalan lingkungan


Bagian 4 : Test Deret Seri

21.  Seri bilangan 31 – 55 – 61 – 34 – 56 – 59 – 37 –
57 – 57 – 40 – 58 – ….
A.  53
B.  55
C.  57
D.  58
E.  60

22.  Seri bilangan 25 – 13 – 21 – 20 – 18 – 32 – 31 –
23 – 27 – 26 – 28 –….
A.  43
B.  42
C.  40
D.  39
E.  38

23.  Seri bilangan 90 – 84 – 82 – 84 – 78 – 76 – 78 ….
A.  68
B.  58
C.  76
D.  72
E.  60

24.  Seri bilangan 7007 – 7106 – 7105 – 7205 – 7204
– 7305 – 7304 – ….
A.  7306
B.  7405
C.  7406
D.  7408
E.  7506

25.  Seri bilangan 5 – 10 – 8 – 24 – 21 – 84 ….
A.  80
B.  81
C.  168
D.  252
E.  336

Bagian 5 : Test Aritmatika
26.  Jika x = 156788 – 156788/2, dan y = 156788/2,
maka…
A.  x > y
B.  x < y
C.  x = y
D.  x dan y tidak bisa ditentukan
E.  2x > 2y

27.  Jika angka 3 dalam bilangan 453689 bernilai
3.10
x
, dan y = 5
x
/25, maka…
A.  x > y
B.  x < y
C.  x = y
D.  x dan y tidak bisa ditentukan
E.  2x > 2y

28.  Jika x
3
– 43 = 300, dan y + 5x = 42, maka…
A.  x > y
B.  x < y
C.  x = y
D.  x dan y tidak bisa ditentukan
E.  2x > 2y

29.  Jika x = -(6
6
), dan y = (-6)
6
, maka....
A.  x > y
B.  x < y
C.  x = y
TRY OUT TPA 103
www.nafismudrika.wordpress.comHalaman 4 dari 9
D.  x dan y tidak bisa ditentukan
E.  2x > 2y

30.  Jika x = p.1.1, dan y = p+1+1, (p = bilangan
positif), maka...
A.  x > y
B.  x < y
C.  x = y
D.  x dan y tidak bisa ditentukan
E.  2x > 2y

Bagian 6 : Subtes Geometri dan Aritmatika
31.  Sebuah buku disewakan dengan harga Rp.1.000
untuk 3 hari pertama dan untuk selanjutnya Rp.
600 setiap hari. Jika penyewa buku tersebut
membayar Rp. 11.800 untuk sebuah buku,
berapa harikah buku tersebut disewanya ?
A.  15
B.  18
C.  20
D.  21
E.  24

32.  Nadia hendak membeli sepatu dan gaun
dengan membawa uang sebesar Rp 363.000,-.
Harga sepatu di toko A adalah Rp. 210.000,-
dengan diskon 35 % dan harga celana adalah
Rp. 85.000,- dengan diskon 15 %. Uang sisa
pembelian sepatu dan celana adalah ...
A.  Rp. 145.750,-
B.  Rp. 154.250,-
C.  Rp. 155.750,-
D.  Rp. 144.250,-
E.  Rp. 145.250,-

33.  Panjang lantai sebuah kamar mandi adalah 7
3
2
kaki dan lebarnya 6 kaki. Lantai tersebut
dipasang ubin yg berbentuk bujursangkar yang
panjang sisinya 4 inci (1 kaki = 12 inci).
Banyaknya ubin yang dibutuhkan untuk
menutupi seluruh lantai adalah ...
A.  45
B.  138
C.  207
D.  414
E.  620
34.
Dengan menggunakan tabel di atas, didapat 2
ons sama dengan x sendok teh, maka x = .....
A.  6
B.  12
C.  42
3
2
D.  10
E.  1
2
1
35.  Sebuah lonceng jam berbunyi setiap 35 menit
sekali. Lonceng tersebut berbunyi untuk
pertama kali pada tengah malam. Pada malam
yang sama, berapa menit lagikah lonceng
tersebut akan berbunyi setelah pukul 04.12 ?
A.  7
B.  9
C.  14
D.  19
E.  28
36.  Sebuah sepeda memiliki roda berjari-jari 21 cm.
Jika roda berputar sebanyak 2.500 kali, maka
panjang lintasan lurus yang dilaluinya adalah ...
A.  1,65 Km
B.  3,3 Km
C.  33 Km
D.  330 Km
E.  16,5 Km
37.  Seekor burung berkicau setiap 14 menit dan
sebuah bell berdering setiap 12 menit. Jika
burung dan bell berbunyi bersama-sama pada
pukul 12 siang maka pukul berapakah mereka
pertama kali berbunyi setelah pukul 12 siang
tadi?
A.  14.48
B.  14.24
C.  13.54
D.  13.24
E.  12.42
38.  Sebuah balok kayu berukuran 15 dm  ×30 cm ×
12 dm dipotong menjadi kubus dengan ukuran
terbesar yang dapat dibuat. Berapakah banyak-nya kubus yang dapat dibuat?
A.  6
B.  9
C.  12
D.  15
E.  20
3 sendok teh = 1 sendok makan
16 sendok makan = 1 cangkir
8 ons = 1 cangkir
TRY OUT TPA 103
www.nafismudrika.wordpress.comHalaman 5 dari 9
39.  Sebuah persegi panjang memiliki luas 588 cm²
dengan panjang : lebar = 4 : 3. Jika sebuah
tabung dengan tinggi 7 cm mempunyai jari-jari
yang sama dengan lebar persegi panjang
tersebut, maka volume tabung adalah…
A.  1178 cm³
B.  4312 cm³
C.  9702 cm³
D.  1078 cm³
E.  269,5 cm³
40.  Nilai rata-rata ulangan matematika 13 siswa
SMA adalah 7,4. Jika ada 3 orang siswa yang
ikut ulangan susulan dengan nilai 6,9 ; 7,8 dan
9,1 maka nilai rata-rata ulangan matematika
yang sekarang adalah ...
A.  7,50
B.  7,97
C.  8,00
D.  8,03
E.  8,33
Bagian 7 : Tes penalaran logis
41.  Tidak ada dua perhiasan berlian yang mempu-nyai kilau yang sama.
Cincin X dan Y terbuat dari berlian.
Kesimpulan:
A.  hanya cincin X dan Y yang berbeda kilaunya
B.  Cincin berlian X dan Y mempunyai kilau
yang berbeda.
C.  Semua cincin berlian memiliki kilau yang
berbeda dengan cincin X dan Y
D.  Ada cincin berlian selain cincin X dan Y
yang memiliki kilau.
E.  Semua perhiasan yang sama bentuk
dengan cincin X dan Y pasti berkilau.
42.  Hanya barang-barang dari plastik yang dijual di
toko Kurnia.
Tekstil terbuat dari bahan dasar kapas.
Kesimpulan:
A.  Barang plastik hanya dijual di toko Kurnia
B.  Semua barang di toko Kurnia bahan
dasarnya plastik
C.  Tidak ada tekstil yang dijual di toko kurnia.
D.  Toko kurnia menjual barang dari kapas dan
plastik.
E.  Di toko Kurnia terdapat segalam macam
barang .
43.  Olah raga adalah aktivitas yang selalu dilakukan
Badu setiap hari.
Hari ini Badu sakit kepala.
Kesimpulan:
A.  Hari ini Badu tidak berolah raga
B.  Kewajiban Badu setiap hari adalah
berolahraga kecuali bila sakit
C.  Hari ini Badu berolahraga walaupun sakit
kepala
D.  hampir setiap hari Badu sakit kepala.
E.  Badu tidak suka olah raga saat sakit
44.  Noda hitam akan tampak jelas pada pakaian
putih
Noda putih akan tampak jelas pada pakaian
hitam
Deterjen dapat digunakan untuk
menghilangkan noda.
Kesimpulan:
A.  Noda pada pakaian akan tampak jelas.
B.  Tidak mungkin segumpal detergen dapat
menghilangkan noda.
C.  Detergen membuat noda putih tampak
tidak jelas pada pakaian hitam bernoda
putih.
D.  Tidak mungkin hitam menjadi putih
E.  Deterjen menimbulkan noda.
45.  Andini selalu pergi berwisata di akhir pekan.
Tidak semua tempat wisata terletak di luar kota
Kesimpulan:
A.  Andini selalu pergi berwisata di luar kota
B.  Andini tidak suka berwisata di luar kota
C.  Kadangkala Andini berwisata di dalam kota
D.  Kadangkala Andini tidak berwisata di akhir
pekan
E.  Tempat wisata lebih banyak terletak di
dalam kota.
Bagian 8 : Tes Penalaran Analitis
46.  Seorang penyiar radio harus memutar lagu
yang dipesan pendengar. lagu yang dipesan
pendengar A akan diputar menjelang akhir
acara, lagu pendengar B akan diputar lebih
dahulu dari lagu yang dipesan A tetapi bukan
sebagai lagu pembuka. lagu yang dipesan
pendengar D dan E diputar berurutan di antara
lagu pendengar B dan C. pesanan lagu siapakah
yang diputar paling awal?
A.  A
TRY OUT TPA 103
www.nafismudrika.wordpress.comHalaman 6 dari 9
B.  B
C.  C
D.  D
E.  E
47.  Lima orang pedagang asongan menghitung
hasil penjualan dalam satu hari. Pedagang III
lebih banyak menjual dari pedagang IV, tetapi
tidak melebihi pedagang I. Penjualan pedagang
II tidak melebihi pedagang V dan melebihi
pedagang I. Pedagang mana yang hasil
penjualannya paling banyak?
A.  I
B.  II
C.  III
D.  IV
E.  V
48.  Siska harus kursus bahasa Mandarin setiap
Kamis. Sedangkan Julia kursus bahasa Inggris
tiga kali seminggu setiap selasa, rabu dan kamis.
Sementara Weni harus kursus bahasa Jepang
pada hari yang sama dengan Julia kecuali hari
rabu. Linda kursus computer setiap Rabu.
Siapakah yang pergi kursus pada hari yang
sama setiap minggu?
A.  Linda, Siska, dan Weni
B.  Julia, Linda, dan Weni
C.  Linda dan Siska
D.  Weni dan Linda
E.  Siska dan Weni
49.  Intan sekarang berusia 12 tahun. Sedangkan
umur Anto dua kali lebih tua daripada umur
Badu. Umur Badu tiga tahun lebih tua daripada
umur Nida. Jika umur Intan lima tahun lebih tua
daripada umur Sari yang setahun lebih muda
daripada Anto, maka urutan umur mereka dari
yang termuda ke yang tertua adalah ...
A.  Nida, Badu, Anto, Sari, Intan
B.  Badu, Nida, Sari, Intan, Anto
C.  Intan, Badu, Sari, Anto, Nida
D.  Nida, Badu, Sari, Anto, Intan
E.  Intan, Nida, Sari, Badu, Anto
50.  Farhan menyenangi buku-buku fiksi. Meta
penggemar ensiklopedia. Mayang membeli
segala macam novel dan beberapa kamus.
Irvan penggemar biografi, sedang Sonya
menyukai buku-buku non fiksi. Jika dibuat
kelompok membaca dengan dengan anggota 3
orang, susunan yang paling sesuai adalah…
A.  Farhan, Meta, Sonya
B.  Farhan, Mayang, Sonya
C.  Farhan, Irvan, Mayang
D.  Meta, Irvan, Sonya
E.  Farhan, Meta, Mayang
Soal di bawah ini terdiri dari lima buah gambar yang memiliki kesamaan atau citra cermin, dan perputaran.
Tetapi hanya ada satu gambar yang tidak sama atau tidak sekelompok dengan gambar lainnya. Pilihlah salah
satu gambar yang tidak sama antara kelima gambar lainnya.
51.
52.
53.
TRY OUT TPA 103
www.nafismudrika.wordpress.comHalaman 7 dari 9
54.
55.
Carilah hubungan antara kelompok kata di bawah ini dan pilihlah diagram Venn yang mewakili hubungan
antara ketiga kata di bawah ini!
56.  A. Wajah, B. Kaca mata, C. Hidung
57.  A. Digit, B. Digital, C. Digitalize
58.  A. Proton, B. Elektron, C. Neutron
D  E
C
A  B
D  E
C
A  B
TRY OUT TPA 103
www.nafismudrika.wordpress.comHalaman 8 dari 9
59.  A. Eropa, B. Albania, C. Armenia
60.  A. Sapi, B. Ayam, C. Makanan
D  E
C
A  B
D  E
C
A  B
D  E
C
A  B
TRY OUT TPA 103
www.nafismudrika.wordpress.comHalaman 9 dari 9
KUNCI JAWABAN TPA 103
1. B
2. A
3. C
4. B
5. C
6. E
7. B
8. E
9. B
10. B
11. B
12. D
13. A
14. D
15. C
16. D
17. A
18. C
19. A
20. D
21. B
22. E
23. D
24. C
25. A
26. C
27. B
28. C
29. B
30. B
31. D
32. B
33. D
34. B
35. E
36. B
37. D
38. E
39. C
40. A
41. B
42. C
43. C
44. C
45. C
46. C
47. E
48. E
49. D
50. D
51. B
52. A
53. E
54. B
55. B
56. E
57. C
58. C
59. B
60. D

Tips Menghadapi Tes Potensi Akademik


Sesudah tidak berhasil – rasanya sih; perasaan tidak berdaya itu bener-bener nggak enak ya – menghadapi Tes Potensi Akademik (TPA) hari Kamis (28/02) lalu, gw beranikan diri untuk menyusun beberapa tips untuk menghadapinya. Paling nggak buat nanti kalo ngadepin tes ini lagi, gw bisa baca sendiri daftar ini.
  • Soal-soal TPA tidak dirancang untuk dijawab semuanya. Kita ambil soal matematika dasarnya sebagai contoh. 90 soal, 60 menit. Berarti 1 soal 40 detik. Orang jenius macam apa yang bisa ngerjain setiap soal dalam 40 detik? Baca soalnya aja udah 20 detik sendiri. Jadi, strateginya adalah dalam 20 detik membaca soal itu kita sudah tentukan, soal ini gampang atau tidak. Kalo susah, ya tinggal aja, kerjain yang lain. TPA itu soalnya 250 biji, jadi jangan kuatir kehabisan soal.
  • Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Ini mungkin trik kuno, tapi beneran harus dipraktekkan. Biasanya yang di depan-depan itu lebih susah dan lebih makan waktu, jadi coba mulai dari bagian belakang. I cannot stress this more, guys.
  • Untuk bagian matematika, hafalkan perkalian, pecahan, persentase, perpangkatan, dan desimal yang sederhana. Ini membantu banget pas ngitung lho, bisa jadi lebih cepat. Gw dah bikinin nih file-nya yang bisa langsung dipelajari (UPDATE: kalo nggak bisa download dari situ, bisa pake link alternatifnya).
  • Beli buku-buku TPA ,tapi untuk bisa membayangkan soal TPA yang sesungguhnya, kalikan kesulitannya tiga kali. OTO BAPPENAS memang nggak kira-kira bikin soalnya. Gw udah review beberapa buku yang gw beli untuk siap-siap kemarin.
  • Untuk menaklukkan soal-soal bahasa Indonesia, sering-sering baca kolom-kolom di koran. You know, those on the editorial pages. Soal-soal bacaan/wacananya kebanyakan diambil dari sana. Kalo nemu kata-kata yang aneh, segera konsultasikan dengan kamus Bahasa Indonesia.
  • Coba ingat beberapa istilah kunci di bidang statistik. Ini keluar di beberapa nomor pertanyaan Bahasa Indonesia. Misalnya: variansi, simpangan baku, dan semacamnya.
  • Untuk beberapa soal sinonim atau antonim, bisa membantu kalau kita terjemahkan dulu ke bahasa lain, Inggris, misalnya. Kemarin ada nih soal yang seperti, tapi gw lupa contohnya. Intinya, dari soalnya, gw terjemahkan dulu ke bahasa inggris, baru cari antonim/sinonimnya. Kadang bisa jauh lebih mudah.
  • Sisakan waktu untuk “nembak”. Jelas. Lihat butir nomor satu. Nggak ada nilai minus kok.
  • Kalau punya waktu dan dana lebih, lebih baik coba ikut tes sungguhan di OTO BAPPENAS. Soal-soal TPA akan susah dibayangkan kalau belum ngalami sendiri. Sarana terbaik mendingan ikutan tes sungguhan aja. Temen gw ada yang ikut seperti ini, dan mereka merasa lebih siap jadinya. Biayanya kalau nggak salah sekitar IDR 350,000.
  • Jangan terpengaruh orang lain. Kalo kita lihat orang lain pas ngerjain, bisa jadi dia udah jawab lebih banyak soal. Bisa bikin minder dan mengacaukan mental. Nggak usah peduli, kerjain aja punya kita sendiri.
  • Pertimbangkan untuk ikut bimbingan belajar untuk TPA. Kata temen gw, bimbingan model begini lumayan membantu karena di sana diajarkan beberapa pola untuk menjawab pertanyaan TPA.

RUU PT Diharapkan Tekan Biaya Kuliah

JAKARTA, KOMPAS.com - Lambannya pengesahan Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) oleh pemerintah menyebabkan biaya masuk universitas negeri saat ini masih mahal. Padahal, dalam RUU tersebut sudah dirumuskan untuk menggratiskan biaya masuk perguruan tinggi.
"Karena RUU-nya belum selesai, jadi sementera ini masih ada pungutan. RUU itu belum final, kalau sudah semua calon mahasiswa digratisin pendaftarannya," jelas Muslim, Komisi X DPR RI, di Jakarta, Senin (11/6/2012).
Muslim menjelaskan, pembahasan RUU tersebut sebenarnya sudah selesai namun pemerintah belum mau mengesahkan. Dalam RUU tersebut antara lain disebutkan pembatasan biaya masuk PTN sehingga perguruan tinggi tidak bisa mematok biaya lebih tinggi dari plafon yang ditetapkan.
Senada dengan Muslim, Asman Abnur,  dari Komisi X DPR RI mengatakan RUU PT dapat menekan biaya batas maksimal masuk Perguruan Tinggi sehingga calon mahasiswa tidak terlalu dibebani dengan biaya tinggi.
Sementara itu pengamat pendidikan, Lody Paat, berpendapat pengurangan biaya pendidikan untuk masuk perguruan tinggi tidak harus melalui pengesahan Rancangan Undang-Undang. Pemerintah sebenarnya dapat mencanangkan kebijakan untuk menekan biaya masuk universitas dan memudahkan warga negara yang ingin mengenyam pendidikkan tinggi.

"Negara ini harus menjamin (biaya pendidikkan). Negara juga harus membantu. Jangan semua dilimpahkan pada warga negara," tegas Lody.



Biaya Kuliah Jalur Nasional dan Mandiri Bakal Disamakan Penulis : Ester Lince Napitupulu | Rabu, 11 Juli 2012 | 20:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Biaya kuliah mahasiswa yang mendaftar di perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur nasional dan mandiri direncanakan untuk tidak dibedakan. Hal ini sejalan dengan rencana pemerintah untuk memberikan beasiswa operasional perguruan tinggi.
"Terkait rencana pemerintah untuk memberikan biaya operasional perguruan tinggi. Biaya kuliah bisa lebih murah dibandingkan yang sekarang. Pemerintah mendorong agar biaya kuliah mahasiswa baru yang lewat seleksi nasional dan mandiri bisa sama besarnya," kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso di Jakarta, Rabu (11/7/2012).
Menurut Djoko, idealnya tidak ada lagi pembedaan biaya pendidikan yang lewat seleksi nasional dan mandiri. "Kami berharap ini bisa secepatnya terwujud dan masih perlu membahas bersama para rektor PTN," ujar Djoko.
Sebanyak 61 PTN yang tergabung dalam Seleksi Nasional Masuk (SNMPTN) memiliki aturan yang berbeda soal penetapan biaya masuk mahasiswa baru lewat jalur nasional dan mandiri. Ada PTN yang menetapkan biaya kuliah yang sama, ada yang menetapkan jalur mandiri lebih mahal.
Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka mengatakan, sejak dua tahun terakhir ITB tidak lagi mengenal jalur mandiri. Seleksi masuk mahasiswa baru ITB lewat SNMPTN undangan dan tertulis.
"Biaya kuliah untuk semua mahasiswa baru sama. Yang tidak mampu bisa minta keringanan," kata Akhmaloka.
Akhmaloka menyambut baik jika pemerintah memberikan bantuan operasional perguruan tinggi. Namun, biaya yang dijanjikan pemerintah lewat APBN Perubahan tahun 2012 belum diterima PTN.
Tri Yogi Yuwono, Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, mengatakan, memang ada perbedaan biaya masuk mahasiswa di jalur SNMPTN dan mandiri di ITS. Alasannya, mahasiswa di jalur mandiri tidak disubsidi.
"Tetapi tetap, dasar penerimaannya harus kemampuan akademik. Jadi bukan karena kesanggupan membayar dalam jumlah besar," tegas Tri Yogi.
Editor :
Marcus Suprihadi


Ribuan Siswa di Malang Berburu "Sekolah Mahal" Rabu, 4 Juli 2012 | 09:31 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak 5.850 calon siswa baru jenjang SMP dan SMA negeri di Kota Malang, Jawa Timur, berebut "sekolah jalur mahal", yakni jalur mandiri atau melalui tes. Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang Suwarjana mengatakan, penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP dari jalur mandiri diikuti 3.918 calon siswa dan SMA sebanyak 1.900 calon siswa.

"Jumlah peserta di jenjang SMA ini mengalami kenaikan cukup signifikan dari tahun sebelumnya yang hanya diikuti 1.248  calon siswa. Padahal, tahun ini pagu untuk jalur mandiri di SMA hanya 799 siswa," kata Suwarjana, di Malang, Jawa Timur, Rabu (3/7/2012).

Menurut dia, melihat jumlah peserta tes yang cukup banyak, khususnya di SMA, tidak menutup kemungkinan pagunya akan ditambah. Namun, saat ini masih dalam proses pembahasan.

PPDB jalur mandiri dibuka setelah proses PPDB jalur online tuntas. Seleksi peserta PPDB jalur mandiri melalui tes potensi akademik untuk SMP digelar selama dua hari, hari ini dan besok (4/7/2012), dengan mata pelajaran yang diujikan Matematika, Bahasa Inggris, IPA dan Pengetahuan Umum. 

Adapun, tes untuk SMA digelar selama tiga hari dengan mata pelajaran yang diujikan sama dengan SMP. Pada hari terakhir, akan dilakukan tes dengan format diskusi terutama di SMA berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).

Sistem pendaftaran jalur mandiri tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini Disdik menggunakan sistem rayon, sedangkan tahun lalu bisa langsung mendaftar di sekolah yang dituju.

Biaya masuk
Biaya masuk dari jalur mandiri lebih mahal dibandingkan dengan jalur online. Apalagi di sekolah yang berstatus RSBI. Untuk SMAN dan SMPN berstatus RSBI, sumbangan untuk biaya masuk rata-rata dipatok sebesar Rp 7,5 juta dan non-RSBI sebesar Rp5 juta. Sedangkan siswa dari jalur online, untuk sekolah berstatus RSBI sebesar Rp 5 juta dan non-RSBI sebesar Rp 4 juta. 

Nilai Ujian Nasional (UN) SD yang diterima di SMP negeri favorit rata-rata di atas 27,90. Sementara, calon siswa yang masuk SMA negeri rata-rata memiliki nilai UN di atas 36,00.


Kemdikbud: Dijamin Tak Ada Manipulasi Jalur Mandiri Penulis : Indra Akuntono | Kamis, 12 Juli 2012 | 15:19 WIB Dibaca: 2914Komentar: 0 | Share:

AKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjamin tak akan ada manipulasi pasca diubahnya mekanisme Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pada tahun 2013 mendatang, Kemdikbud akan menghapus SNMPTN jalur tulis. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Djoko Santoso mengatakan, mulai tahun depan, pemerintah memastikan hanya akan ada dua jalur masuk ke PTN, yakni jalur undangan (SNMPTN) dan ujian mandiri.

"Jadi tak ada lagi jalur ujian tulis, hanya satu jalur dalam SNMPTN dan jalur ujian mandiri yang dilaksanakan masing-masing PTN," kata Djoko, Kamis (12/7/2012).

Untuk jalur mandiri, Djoko menjamin tak akan ada manipulasi pada pelaksanaannya. Sebab, masing-masing PTN akan berkoordinasi langsung dengan Kemdikbud terkait pelaksanaan ujian dalam jalur mandiri.

"Saya jamin PTN tak akan menyelewengkan tanggung jawabnya, karena akan ada sanksi berupa pemotongan subsidi atau sanksi administrasi lainnya," ujarnya.

Adapun untuk jalur ujian tulis, Djoko menjelaskan, tahun depan tetap akan dibuka tetapi khusus untuk siswa lulusan 2011-2012 dengan kuota penerimaan 10 persen.

"Ini ntuk menjamin keadilan, karena setiap siswa yang lulus di tahun sebelumnya memiliki hak dua kali mengikuti ujian SNMPTN," kata Djoko.


2013, Mahasiswa PTN Hanya Bayar SPP

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso mengatakan, mulai tahun 2013 mendatang, para mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) hanya akan dibebankan biaya SPP. Biaya lainnya telah ditutupi oleh dana Bantuan Operasional (BO) PTN.

"Kami sedang merancang, menghitung semuanya. Kami optimistis bisa terealisasikan mulai 2013," kata Djoko kepada para wartawan, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (16/7/2012) malam.

Djoko menjelaskan, selama ini negara selalu menerima sekitar Rp 12 triliun setiap tahunnya dari hampir semua PTN. Dana tersebut masuk dalam kategori Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Setengah dari jumlah tersebut berasal dari tujuh Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT BHMN). Dan sisanya, sekitar Rp 6 triliun merupakan akumulasi dana yang diperoleh dari mahasiswa, mencakup biaya pendaftaran, SPP, sumbangan pembangunan gedung, hibah penelitian, dan lain-lain, yang berasal dari puluhan PTN.

"Perhitungan kami soal PNBP itu sekitar RP 12 triliun. Setengah dari jumlah itu telah ditutup oleh mahasiswa di puluhan PTN," ujarnya.

Pemerintah sendiri, ungkap Djoko, tahun ini telah menggelontorkan dana BO PTN hampir mencapai Rp 1,5 triliun. Tahun depan, pemerintah akan meningkatkan jumlahnya sekitar Rp 3,5 triliun melalui APBN 2013.

"Saya pikir sudah cukup menutupi, maka tahun depan semua mahasiswa hanya bayar biaya SPP saja," ujarnya.

Sama halnya dengan dana bantuan operasional di jenjang pendidikan dasar dan menengah, BO PTN juga digunakan untuk menutupi biaya operasional pendidikan tinggi. Biaya-biaya itu di antaranya, pengembangan dan pemeliharaan sarana serta prasarana, gaji tenaga honorer, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan perkuliahan.

Kebijakan mengenai BO PTN telah diatur Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU Dikti) yang baru disahkan akhir pekan lalu dalam sidang paripurna DPR. UU ini awalnya bernama UU PT (Perguruan Tinggi), tetapi dengan alasan untuk mencakup sasaran yang lebih luas, maka UU tersebut kemudian berubah nama menjadi UU Dikti.
Editor :
Inggried Dwi Wedhaswary


Mahasiswa Hanya Bayar SPP, PTN Setuju asal...


Penulis : Indra Akuntono | Kamis, 19 Juli 2012 | 08:38 WIB
Dibaca:
|
Share:
ShutterstockIlustrasi
BANDUNG, KOMPAS.com — Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka mengatakan, pemerintah harus menghitung secara rinci berapa kebutuhan biaya yang diperlukan oleh setiap perguruan tinggi negeri (PTN).
Hal itu ia katakan menyusul adanya rencana pemerintah untuk menutup biaya operasional mahasiswa di PTN melalui Bantuan Operasional PTN.
"Tentu setuju, tapi dengan catatan. Semua harus dihitung supaya niat baiknya terlaksana tanpa membebani PTN," kata Akhmaloka, di ITB, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/7/2012) malam.
Seperti diberitakan, mulai tahun depan pemerintah berencana membebaskan semua biaya perkuliahan di PTN, kecuali biaya SPP. Untuk itu, pemerintah akan menutup biaya operasional PTN dengan cara meningkatkan jumlah dana BO PTN. BO PTN sendiri baru mulai digelontorkan tahun ini sekitar Rp 1,5 triliun.
Pada 2013, jumlah tersebut akan ditambah sekitar Rp 3,5 triliun. Akan tetapi, diakui Akhmaloka, sampai saat ini semua PTN belum menerima dana yang berasal dari APBN Perubahan 2012 tersebut sehingga melahirkan polemik lain bagi pelaksanaan pendidikan di PTN.
"Sudah disahkan dari APBN Perubahan, tapi kita belum menerima dan belum bisa mengeksekusi bantuan tersebut," ungkapnya.
Sebagai informasi, ditingkatkannya dana BO PTN merupakan upaya pemerintah untuk menutup Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Setiap tahun, negara menerima sekitar Rp 12 triliun melalui PNBP dari seluruh PTN.
Setengah dari jumlah Rp 12 triliun itu berasal dari tujuh Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT BHMN), sedangkan sisanya diperoleh dari partisipasi mahasiswa di PTN melalui biaya SPP, sumbangan pembangunan gedung, dana hibah penelitian, dan lain-lain.
Pemerintah bertekad menutup setengah dari PNBP tersebut supaya tahun depan semua mahasiswa di PTN mendapat banyak keringanan karena hanya perlu membayar biaya SPP.

MALANG, KOMPAS.com

MALANG, KOMPAS.com - Universitas Negeri Malang menerapkan biaya kuliah tunggal mulai tahun akademik 2012/2013. Dengan diterapkannya biaya tunggal, artinya tidak ada pungutan apa pun kecuali sumbangan pengembangan pendidikan (SPP).

Pembantu Rektor (PR) I UM Prof Dr Hendyat Soetopo di Malang, Selasa (24/7/2012), menegaskan, selain SPP, universitas tidak boleh memungut biaya apa pun kepda mahasiswa termasuk uang sumbangan pembangunan yang biasanya dipungut pada saat diterima sebagai mahasiswa baru.

"Kami siap melaksanakan ketentuan baru dari Kemendikbud ini, apalagi bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) mulai dicairkan September tahun ini," kata Hendyat.

Penerapan uang kuliah tunggal di PTN tersebut setelah Kemendikbud mengucurkan anggaran berupa BOPTN. Konsekuensinya, PTN tidak boleh memungut biaya apa pun kepada mahasiswa kecuali SPP. Universitas Negeri Malang sendiri akan mendapatkan BOPTN sebesar Rp 39 miliar dan Universitas Brawijaya sebesar Rp 82 miliar.

Selain tidak boleh memungut biaya apa pun, mulai tahun 2013, PTN harus menurunkan nominal SPP-nya, termasuk bagi mahasiswa jalur mandiri. Berbeda dengan UM, Universitas Brawijaya (UB) akan menerapkan ketentuan terbaru dari Kemendikbud tersebut jika sudah disahkan. Sebab, saat ini UB masih tetap menerapkan SPP proporsional.

"Pada prinsipnya kami akan mengikuti setiap ada kebijakan baru. Hanya saja, kebijakan itu baru bisa kami terapkan setelah SK-nya sudah sampai di UB," kata Pembantu Rektor I Universitas Brawijaya Prof Dr Bambang Suharto.

Menurut dia, BOPTN sebesar Rp82 miliar yang dikucurkan oleh Kemendikbud tersebut hanya cukup untuk biaya operasional pembelajaran selama satu tahun saja. Namun, kalau dana tersebut juga digunakan untuk pengadaan sarana dan prasarana pasti tidak akan mencukupi.

"Kalau hanya untuk biaya operasional pembelajaran di 82 program studi (S1), saya rasa masih mencukupi. Tapi, kalau sudah menyentuh sarana dan parasarana, saya rasa ya tidak mungkin cukup," kata Bambang.

Mulai tahun ini, pemerintah akan menggelontorkan dana bantuan operasional (BO PTN) dengan total hampir Rp 1,5 triliun untuk semua PTN dan akan ditambah sekitar Rp 3 triliun-Rp 4 triliun pada tahun 2013. Menteri Pendidikan dan Kebudayan M Nuh mengatakan, dengan adanya bantuan ini, maka seluruh PTN diminta menurunkan tarif pendidikannya.

"Semua PTN harus menurunkan tarifnya karena pemerintah telah mengatur standar pembiayaan dalam UU Dikti," kata Nuh, Minggu (22/7/2012) malam di Jakarta.

Ia menjanjikan, peraturan menteri mengenai BOPTN akan dikeluarkan sebelum September 2012. Dengan demikian, dana bantuan akan bisa dikucurkan pada September, bertepatan dengan tahun akademik baru.
Sumber :
Editor :
Inggried Dwi Wedhaswary