parizz

parizz

Rabu, 20 Maret 2013

psikologi

Peluang Kerja bagi Lulusan Psikologi

28 Jan
Kebanyakan orang kalo ditanya habis kuliah mau apa, pasti jawabannya cari kerja, karena kalo kita berpikir realistis bahwa hidup itu penuh dengan kebutuhan dan sebagian besar kebutuhan fisik dapat terpenuhi bila punya penghasilan.
Trus kalo kayak aku calon lulusan psikologi besok kerjanya apa ya..itu yang jadi pertanyaan di kepalaku ketika aku masih semester 1. Dulu, aku cuma berpikir ya jadi psikolog, udah.
Beberapa waktu yang lalu temenku (sekarang kelas 3 SMA), dia tuh pengen banget kuliah di psikologi tapi ortunya gak setuju. Ortunya bilang, “mau jadi apa kamu kalo kuliah di psikologi, cari kerja susah, peluang kerja sedikit”. Ada lagi sewaktu aku berbincang-bincang dengan ibu, curhat2an gitu, trus terceletuk, “tuh anak temen2nya ibu, lulusan psikologi banyak, masih nganggur semua”. He2.
Nah, dari apa yang sudah aku critain di atas, mungkin terbersit di hatimu, lha trus gimana dong?padahal aku dah berencana masuk psikologi?atau waduh, aku udah terlanjur kuliah di psikologi udah semester atas lagi..!!!
Eits, jangan bergundah gulana dulu..
Perlu diketahui..psikologi tuh peluang kerjanya gedhe lho..
Percaya gak? Harus!he2.
Mungkin orang awam punya anggapan demikian karena belum banyak orang tau apa itu psikologi, siapa itu psikolog, apa peran psikolog dan sebagainya. Itu salah satu alasan orang2 berkata seperti yang di atas.
Dunia berputar, hidup pun demikian, manusia berkembang, sama halnya dengan ilmu. Dengan berjalannya waktu, psikologi semakin dikenal di Indonesia dan diakui keberadaannya. Contohnya, Kak Seto seorang pemerhati anak, beliau seorang psikolog, dan sekarang sedang banyak bermunculan masalah tentang perkembangan anak dan masih banyak lagi. Kasus-kasus perceraian, perkawinan, KDRT, mundurnya kualitas moral, perkembangan remaja, penyimpangan sikap dan kepribadian, semua membutuhkan peran seorang psikolog. Ilmu psikologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku dan pikiran manusia sehingga dapat disimpulkan bahwa selama masih ada tingkah laku manusia, psikologi gak ada matinya,he2..sebab objek psikologi adalah manusia itu sendiri.
Waktu ada penerimaan PNS tahun 2009 lalu, di Provinsi Jateng membutuhkan Psikolog Klinis dan assesor. Hal itu menambah pengetahuanku kalo emang psikolog memang dibutuhkan.
Bagi kamu yang demen sama hal-hal yang berbau klinis bisa jadi psikolog klinis, bekerja di rumah sakit umum maupun jiwa. Sedangkan yang suka bekerja di industri bisa jadi HRD atau bagian personalia, ingat bahwa tiap industri membutuhkan posisi itu. Nah, yang pengen jadi dosen bisa juga lho..sekarang banyak universitas yang membuka fakultas atau prodi psikologi, hal ini semakin memperjelas bahwa profesi psikolog memang sangat dibutuhkan! Yang lain misalnya jadi konselor di berbagai bidang seperti agama, olahraga, perkawinan. Psikolog juga bisa jadi terapis, membuka jasa2 psikologi, bahkan kuliah di psikologi tuh bisa dagang,hehe…kan dapet makul psiko konsumen,hehe..Ada juga yang jadi pekerja sosial atau psikolog yang fokus di bidang musik, perkembangan anak, psikogeratri, kelompok dan massa, jadi psikolog di bidang hukum, forensik,di suatu komunitas, banyak deh pokoknya.
Memang gak kayak di luar negri, di Indonesia belum terlalu tampak perkembangan yang signifikan. Kalo di luar negri tuh dah banyak kongres-kongres internasional yang mengupas tentang kasus maupun ilmu psikologi, salah satunya di Ausie. Banyak bahasan mengenai psikologi, klo di luar negri rasanya udah mendarah daging, kayak di film pendek Mr. Bean’s Plant Man disitu reporternya juga ngomong tentang hal2 psikologis,he2.
Jadi, gak usah ragu lagi..optimis aja..dengan berbagai ilmu yang kita dapet di psikologi yang sangat amat aplikatif juga membantu kita jadi lebih dewasa, buktinya?saya!he2. Banyak kok yang bisa kita dapatkan, seperti pemecahan masalah, pengambilan keputusan, kepribadian, persepsi, agresi, pendidikan, perkembangan sesuai usia, kasus homoseksual, alter ego, fedofil, stress, depresi, skizofrenia, negosiasi, win-win solution dan masih banyak lagi.
Kalo masih ada temen, saudara, atau mungkin ortu yang meragukan kamu masuk psikologi, sekarang bisa kamu jelaskan bukan?
Bagi kita2 yang udah kuliah di psikologi, bagian kita adalah kuliah serius, bangun relasi, temukan ide2 baru, penemuan2 yang yahud, sumbangkan prestasi supaya psikologi Indonesia semakin maju n go internasional, wuih!
Caranya ya rajin2 diskusi, tukar pikiran, baca buku (sekarang banyak buku tentang psikologi yang sip2 misalnya psikologi populer), ikut pekan ilmiah trus menang PIMNAS,he2..
Akhir kata, gak ada alasan buat ragu..jangan menyerah..tunjukkan kita hebat!
Psikologi, go…go…go!!!!
 
26 Komentar Posted by pada Januari 28, 2010 in psychology
 

26 Respon untuk Peluang Kerja bagi Lulusan Psikologi

  1. Februari 2, 2010 at 10:05 am
    yayaya,,,hmmm, kenapa mr.bean juga masuk dalam nominasi film ber”psikologi” mbak???coba liat Evan Almighty,Bruce almighty, Slumdogmilionaire,Constantine,Bee movie, 300, Quanum of solace, Iron man, Spiderman 1,2,3, pursuit of happines, pirates caribean,….wkwk.
    SEMANGAT BER “WORDPRESS”…
    tunjukkan pada dunia bahwa apa yang kamu tuliskan SANGAT BERGUNA BAGI KELANGSUNGAN HIDUP UMAT MANUSIA.
    PSIKOLOGI GO…GO….
    EKONOMI GO…GO….
    BIOPI GO….GO….
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar